Catatan Kuliah Mantan Mahasiswa #2 Persiapan

CKMM #2Saya ibaratkan mendaftar kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti sebuah perang. Kita harus bersaing dan mengalahkan ribuan pendaftar lain dari berbagai sekolah dan daerah. Sehingga kita memerlukan persiapan yang sangat matang dan amunisi yang cukup sebagai bekal. Itupun bukan perkara yang mudah dan perlu waktu singkat. Membutuhkan proses yang sangat lama disertai kesabaran yang cukup.

Guna mempersiapkan hal ini, banyak juga yang rela hingga menghabiskan jutaan rupiah untuk kursus atau les materi-materi yang akan diujikan. Belajar tiap pagi dan malam untuk menambah pemahaman. Jika kalian menyepelekan hal ini, maka siap-siaplah menghadapi penyesalan. Pun saya dulu mengalaminya. Merasa bangga dengan prestasi di sekolah, sehingga lalai bahwa di atas langit ada langit. Jangan ulangi kesalahan yang sama.

Setidaknya kalian sudah mempersiapkan hal ini sejak kelas dua. Jika tidak mampu untuk kursus atau les karena biayanya yang lumayan mahal, kalian bisa belajar sendiri dengan membeli buku-buku yang berisi bank soal SBMPTN. Pelajari polanya dan biasakan mengerjakan soal setiap hari untuk menjaga ritme belajar. Jika tetap tidak punya dana untuk membelinya, kalian bisa akses sepuasnya perpustakaan sekolah atau perputakaan kabupaten/kota.

Selanjutnya, tetapkan jurusan dan kampus yang dituju. Pelajari dan pahami tentang jurusan tersebut agar tidak menyesal setelah diterima. Bisa dari artikel-artikel di internet secara umum atau kepada orang yang sedang menjalani kuliah di jurusan tersebut. Pemilihan kampus juga tidak kalah pentingnya lho ya. Hal ini berhubungan dengan iklim belajar dan bagaimana anda hidup semala kuliah nanti. Biasanya di kota-kota besar, biaya hidupnya juga tinggi.

Jika kedua hal ini telah kalian lakukan, langkah terakhir adalah menyandarkan semuanya kepada Allah. Dia-lah yang akan menentukan nasib kita selanjutnya. Buka seberapa cerdas kita. Bukan pula seberapa kaya kita. Karena Allah lah pemilik segalanya.

3 thoughts on “Catatan Kuliah Mantan Mahasiswa #2 Persiapan

Tinggalkan komentar